Minggu, 04 Maret 2012

Share: Pentingnya Komunikasi dalam kehidupan mempengaruhi psikologi seseorang

Dewasa ini orang menjadi sibuk atau bahkan sangat sibuk sehingga tidak sedikit yang bahkan tidak sempat untuk berkomunikasi, dan kebanyakan dari mereka mengalami stres, yang disebabkan oleh kurangnya mereka berkomunikasi. dalam postingan kali ini saya akan menunjukan bagaimana ketika seseorang tidak berkomunikasi akan berakibat buruk pada mental dan jiwa seseorang tersebut. orang yang akan saya bahas kali ini bernama asli Susan M. Wiley, tetapi lebih terkenal dengan nama Genie wiley (nama samaran). 

Kisah Genie Wiley
Suatu hari pada tahun 1970 ada seorang ibu kira-kira berusia 50 tahun bernama Dorothy Irene Oglesby melarikan diri dari rumahnya di Arcadia, California dan membawa anaknya seorang gadis berusia 13 tahun setelah bertengkar dengan suaminya yang berusia 70 tahun. Mereka meminta bantuan kepada petugas kesejahteraan sosial. Tetapi petugas melihat ada sesuatu yang aneh pada gadis tersebut, prilakunya tidak seperti anak kebanyakan pada usia normal dan berjalan seperti "bunny walk". Dia pun tidak henti-hentinya meludah, dan petugas pun tidak mendengar satu kata pun yang diucapkan oleh gadis tersebut. Petugas mengira anak ini stres karena dianiyaya oleh ibunya, lalu petugas pun memanggil polisi. pada hari sidang ayah sang gadis tersebut membunuh dirinya sendiri dengan menggunakan senjata apai sembai meninggalkan catatan yang berisi kalimat " The world will never understand" atau Dunia tidak akan pernah mengerti.

                                     gambar Genie sedang "bunny walk"

Mungkin catatan yang ia tulis sebelum bunuh diri ada benarnya, karena Dunia tidak akan pernah mengerti bagaimana  mungkin seorang ayah bisa membenci anaknya begitu sangat. Penyelidikan pun dimulai dan menimbulkan pertanyaan bagaimana Susan atau Genie melewati masa nereka kecilnya yang dibuat oleh ayahnya sendiri. Akhirnya diketahui bahwa ayahnya sejak dulu selalu menyiksa Genie, ia diikat di dalam sebuah tempat duduk yang ketat, sehingga sepanjang hari ia tidak dapat menggerakan tangan dan kakinya, malamnya ia ditempatkan di dalam semacam kurungan besi. Sering kali ia merasa kelaparan sehingga menangis tetapi ketika ia menangis ayahnya akan memukulnya, si ayah tidak pernah bicara ketika memukulinya dan hanya meneriakan kata-kata kasar, sang ibu terlalu buta untuk mengurusnya. akhirnya sang kakak laki-lakinya lah yang berusaha memberi makan dan minum pada Genie meskipun itu dilakukannya secara diam-diam dan berbicara sangat pelan dengan ibunya  karena takut diketahui oleh ayanya.

                     gambar Genie, ibu, dan kakaknya ;foto kanan kakaknya saat ini

Ketika Genie dirawat di rumah sakit beratnya hanya 59 pon atau sama dengan berat anak berusia 7-8 tahun. ia yang lahir pada 18 April 1957, hampir seluruhnya bisu dan hanya mengerti 20 kata yang semuanya negatif atau mendekati negatif seperti "stop it" atau pun "no more". Genie adalah satu contoh dari anak yang disebut dengan Feral child.

                                                          gambar Genie bersama ibunya
 
Pengertian Feral Child
Feral Child adalah anak manusia yang benar-benar terisolasi dan bahkan sangat jarang ataupun tidak pernah berkomunikasi denagan orang lain sejak usia yang sangat dini, dan tidak punya ataupun sedikit pengalaman berbicara, hidup berkelompok, mendapat kasih sayang dan perlakuan layaknya manusia. Rata - rata anak feral ditinggalkan oleh orang tua atau bahkan dibenci orang tuanya, ada juga yang ditolak oleh masyarakat karena dianggap pembawa bencana ada juga yang hidup bersama dengan hewan . bahkan beberapa penulis buku mengangkat contoh anak feral yaitu Tarzan atau pun Mowgli dalam buku The Jungle book. Pada kenyataanya anak feral hidup menderita karena tidak pernah mengenal kasih sayang dan perlakuan layaknya manusia.

Kesimpulan
Manusia itu memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi, bersosialisasi, dan bercengkaram laiknya manusia karena manusia adalah makhluk sosial. jadi ketika salah satu kebutuhan manusia dihilngkan maka psikologisnya pun akan terganggu, Genie ini adalah contohnya yang sejak awal ia mendapat stimulus yang sangat buruk sehingga ia selalu merasa ketakutan itulah respone yang ia keluarkan. oleh sebab itu maka sejak dini manusia harus dididik atau diajar agar dia menjadi "manusia" seutuhnya. dan apabila hal ini dihilangkan maka akan terjadi penyimpangan perilaku yang akan dilakukan oleh anak feral pada nantinya.

Sumber
http://en.wikipedia.org/wiki/Genie_%28feral_child%29
http://en.wikipedia.org/wiki/Feral_child
http://www.countyhistorian.com/cecilweb/index.php/Genie_Wiley
buku Psikologi Komunikasi karya Drs. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar